Minggu, 04 Januari 2009

dRay DreaMing iS NoT BaD

Orang yang suka ngelamun patsi diprotes. Habis banyak banget, sih, mitos yang menceritakan sisi jeleknya melamun. Mulai dari keserupan , sampai bikin ayam mati, he he ... Kali ini, lihat dari sisi sebaliknya, yuk.

Ngelamun dan nge-Blank
Dari luar, dua aktivitas ini memang keliatan sama. Intinya, orang yang lagi berdiam diri dengan mata menerawang. Tapi ngelamun itu enggak sama dengan nge-blank, loh. Biasanya, kalau orang ngelamun itu pikirannya enggak kosong. Dia sedang berpikir sesuatu atau berimajinasi. Kalau nge-blank, berarti otak dia benar-benar5 kosong , alias enggak memikirkan apa-apa. Nah, nge-blank itu nyang ngeri ...

1. get to know yourself
Pas lagi enggak ada kerjaan, coba, deh, sempatkan waktu buat berbengong-bengong ria. Pikirkan kejadian yang telah kita alami beberapa hari terakhir ini. Pikirkan juga cara kita untuk menghadapi semua kejadian itu. Dari situ kita bisa lebih mengenal diri kita sendiri. Gimana, sih, sikap pas menghadapi hal yang enggak menyenangkan. Mata kita juga bisa ‘terbuka’ dalam melihat sifat-sifat jelek kita. Kalau sudah tauy, tinggal dibemnerin, deh.

2. answer from above
Percaya, enggak, kadang-kadang jawaban itu justru datang pada saat kita enggak mikirin. Ketika kita belajar untuk santai dan pasrah, tanpa kita sadar, alam bawah sadar akan memberi kita jawaban yang selama ini kita nanti-nanti. Yakin saja, di dunia ini, enggak ada masalah yang enggak ada jalan keluarnya.

3. ide, datanglah!
Banyak seniman-seniman besar mengaku mereka banyak mendapat ide-ide brilian justru pada saat mereka enggak memaksa otaknya untuk bekerja, alias lagi melamun. Entah kenapa,tapi memang begitu kenyataannya. Mungkin otak juga ngambek kali, ya, kalau disuruh kerja terus, he he he ...

4. terbang ke negeri antah berantah ...
Kita bisa mengembangkan ide-ide jenius kita dengan cara melamun. Pas dapat ide brilian, coba, deh, diam sebentar. Biarkan pikiran membawa kita ‘terbang’ ke negeri khayalan kitra. Ide pasti akan mengalir dengan deras. Siapa tahu kita bisa menciptakan dunia khayalan seperti middle earth-nya the lord of the Rings. Kereeeen!

5. rest ’n relax
Melamun itu cara paling gampang buat mengistirahatkan badan dan pikiran kita. Habis ngelamun kita pasti bisa lebih rileks. Sst ... enggak perlu keluar biaay juga, lho.

6. it’s time to smile again!
Sediakan waktu buat memikirkan masalah-masalah kita, nanis sepuasnya, dan lupakan!

Moment-moment yang enggak pas
Jangan pernah melamun (apalagi bengong!) saat kita lagi:
1. nyetir mobil atau motor
Enggak perlu diomongin panjang lebar, melamun pada saat nyetir mobil atau mengendarai motor sama aja kayak ngundang bahaya.
2. teman bicara yang enggak menyenangkan
kalau enggak pengen jadi public enemy, jangan pernah coba-coba untuk melamun pas orang lagi ngajak kita ngomong. Selain enggak sopan, bisa-bisa kita bisa dianggap cewek sombong dan jadi self-center.
3. crowded place
Sekarang ini, orang jahat udah banyak banget berkeliaran di sekeliling kita, jadi usahakan untuk enggak melamun di tengah keramaian. Bisa-bisa kita dihipnotis orang jahat. Jangan sampai, deh ... !
4. iiih syerem ...
Hmm... ngapain juga, ya, kita melamun di tempat-tempat angker? Kurang kerjaan banget! Selain serem, kita juga bakal terlihat aneh.

Jangan melamun soal ...
1. depressive thinking
Ngapain ngelamunin hal-hal yang bikin kita tambah depresi? Bisa-bisa kita bisa jadi tambah down. Pokoknya enggak boleh!

2. the worst
Tujuan melamun adalah bikin kita jadi lebih optimis, pede, dan semangat lagi. Jadi, jangan selalu memikirkan kejadian terbu8ruk, dong. A big no no ...

SouRce: kaWanku MaGz

0 komentar:

Posting Komentar

© Copyright by nyitlicious | Template by BloggerTemplates | Blog Trick at Blog-HowToTricks